Sejarah Lahirnya Lions Clubs di Indonesia

Pada juni 1917, di sebuah kota Chicago, seorang pemuda luar biasa bernama Melvin Jones, mendirikan sebuah organisasi pengabdian Internasional nirlaba, yang hari ini kita mengenalnya sebagai LIONS CLUBS.

Lions Clubs bukan hanya menjadi wadah berorganisasi, namun juga rumah yang penuh kehangatan bagi semua anggotanya.

Selfless Service to Others Would Create a Better Community and a Better World For All

Kalimat yang di ucapkan oleh Melvin Jones itu begitu memantik semangat seorang pemuda Indonesia bernama GBPH Bintoro pada 18 November 1969. Dihari yang istimewa itulah, beliau merintis berdirinya Lions Club Indonesia.

Sejatinya, usaha pembentukan Lions Club di indonesia telah dimulai sejak tahun 1962 oleh R.Soegiarto, SH, mantan Duta Besar. Pembentukannya disponsori oleh Lions Club Bombay.

Namun Club ini belum sempat di charter oleh Lions Clubs International, yang berarti belum mendapat pengakuan dari International Aassociation of Lions Clubs di Oak Brook, Chicago. Dikurun waktu setelah tahun 1965, James L.Lardie yang dikenal di Australia sebagai Regional Manager Afrika, Asia & Southwest Pacific dari Lions Clubs International, berhasil membentuk Lions Club pertama di Indonesia, bernama Lions Club Of Djakarta. Inilah yang menjadi cikal bakal Hari Lions Indonesia.